Ini dia, 10 masakan dan jajanan khas Lombok yang wajib kalian coba!

Hello, Gaes!

Kali ini Mimin akan memberikan kalian 10 masakan dan jajanan khas yang kudu kalian coba kalau berkunjung ke Lombok. Langsung saja, check this out ya!

 

Ayam Taliwang

 

 

Menu masakan satu ini tentunya sudah cukup familiar bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke Lombok, dengan cita rasa pedas dengan campuran berbagai macam bumbu dan saus yang diracik secara tradisional. Konon, untuk mendapatkan cita rasa Ayam Taliwang yang khas, bahan baku ayam yang diolah pun tidak sembarangan. Ayam kampung pejantan yang masih muda menjadi pilihan utama menu olahan tradisional Lombok satu ini.

 

Beberok

 

 

 

Menu ini biasanya menjadi pelengkap sajian Ayam Taliwang, berbahan dasar sayuran mentah seperti terong atau mentimun dan kacang panjang, bumbu mentah campuran cabe, tomat, garam dan penyedap rasa diolah dengan sangat sederhana, hanya di-uleg dengan cobekHmmm… cukup sederhana, bukan?

 

Pelecing Kangkung

 

 

Serupa tapi tak sama dengan Beberok, pelecing kangkung juga cukup familiar dan selalu menemani sajian ayam taliwang dengan bumbu mentah yang sama. Akan tetapi, letak perbedaannya pada sayurnya, yang terdiri dari kangkung khas Lombok, tauge dan kacang goreng. Terkadang juga dilengkapi dengan parutan kelapa yang sudah dicampur bumbu.

 

Kue Bantal

 

 

 

Di daerah kalian mungkin ada jajanan yang serupa, jajanan tradisional ini hampir jarang dijumpai di daerah perkotaan seperti Kota Mataram, sentra produksi jajanan ini akan banyak kalian temukan di sepanjang jalan utama Desa Anjani, Kecamatan Suralaga, Lombok Timur. Bahan dasar jajanan ini adalah irisan pisang yang dipadukan dengan ketan dan parutan kelapa, salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah dibungkus dengan janur (daun kelapa).

 

Kue Celorot/Cerorot

 

 

Namanya unik, bukan? Kue Celorot/cerorot merupakan jajanan khas lombok yang memiliki karakter rasa yang lumayan manis. Kue ini disajikan dengan bungkusan daun kelapa yang telah dibentuk mirip terompet kecil. Sebenarnya kue khas ini juga ada di beberapa daerah di Jawa, khususnya di Jawa Tengah. Namun yang membedakan kue cerorot khas Lombok dengan yang terdapat di daerah lain adalah terdapat pada tambahan bahan yang digunakan, yakni daging buah rotan.

 

Masyarakat Pulau Lombok biasa mencampurkan daging buah rotan ke dalam adonan kue ini. Hal ini yang membuatnya terasa lebih nikmat dan khas. Disamping cita rasanya yang khas, cara memakan kue ini juga tergolong unik. Cara makannya dengan memencet bagian bawah atau ujung kue, sehingga isi kue terdorong ke luar. Dari sinilah nama cerorot itu disematkan untuk nama kuenya.

 

Kue khas ini bisa ditemukan di beberapa pasar tradisional di Pulau Lombok. Terutama saat acara begawe (selamatan), saat Puasa Bulan Ramadan, menjelang Idul Fitri, menjelang Idul Adha, saat hari Maulid Nabi Muhammad SAW, dan Nuzul Quran atau saat 17 s/d hari terakhir bulan Ramadan. Pada waktu-waktu tersebut yang berjualan di pasar tradisional Lombok cukup banyak. Sehingga Waktu yang tepat untuk menemukan Kue khas ini adalah saat Puasa Bulan Ramadan.

 

Sate Pusut

 

 

Salah satu makanan khas asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang cukup populer adalah sate pusut. Bagian ujung tusuk sate biasanya dibelah menjadi dua untuk menjepit daging. Setelah ujung dijepit, daging digulung sampai dagingnya habis sebelum akhirnya dibakar. Terkadang kalian akan menjumpai bahan lainnya dari sate satu ini, seperti olahan ikan, kepiting atau hasil laut lainnya. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mencoba?

 

Sate Bulayak

 

 

Perpaduan rasa asin, manis, asam dan pedas ada dalam sepiring sate bulayak. Sate khas Lombok ini adalah sajian yang wajib Anda coba saat menjelajah kawasan Nusa Tenggara Barat.

 

Sate bulayak menggunakan sapi sebagai bahan utamanya. Biasanya penjaja memberikan pilihan sate daging, jeroan, atau campur. Ada juga yang menyajikan pilihan daging ayam.

 

Racikan bumbu sate bulayak mengandung rempah-rempah Suku Sasak. Buah asam Sumbawa adalah salah satu yang membuatnya spesial.

 

Bumbu sate bulayak dibuat dari kacang tanah sangrai yang ditumbuk dan direbus bersama bumbu dapur. Rempah lain seperti bawang merah dan bawang putih, ketumbar, laos, lengkuas, terasi, cabai, dan jintan juga digunakan dalam bumbu sate.

 

Bumbu tersebut dihaluskan lalu digoreng, dimasak dengan santan hingga mengental. Hasil akhirnya mirip bumbu kari berwarna oranye.

 

Bulayak dibuat dari beras ketan dan santan. Dibungkus menggunakan daun pohon enau, sehingga meninggalkan aroma daun yang menambah sedap. Daun ini dililit melingkar, memudahkan penikmat sate menyantapnya. Tekstur bulayak padat namun terasa lembut dan gurih di lidah.

 

Nasi Balap Puyung

 

 

Nasi balap puyung adalah makanan khas Lombok Tengah yang bisa kamu temui di luar Pulau Lombok. Satu porsi nasi puyung biasanya terdiri dari nasi putih dan campuran sambal daging, biji kedelai goreng, kentang goreng kremes, dan juga nasi putih. Nasi balap puyung terkenal akan rasa pedasnya dan keunikan rasa bumbu khas Suku Sasak.

 

Sayur Ares

 

 

Ares merupakan sayur khas Lombok yang dibuat dari pohon pisang kapok muda. Dimasak dengan campuran bumbu khas Lombok, membuat ares menjadi sayur yang harus dinikmati saat berkunjung ke Pulau Lombok. Dulu kala, ares hanya disajikan saat ada acara adat saja. Namun sekarang kamu dapat dengan mudah menjumpai dan mencicipi ares di warung-warung makan yang tersebar di Pulau Lombok.

 

Poteng Jaje Tujak

 

 

Jajanan ini banyak disajikan ketika lebaran. Terdiri dari dua jenis makanan, yaitu poteng atau tape dan jaje tujak (semacam ketan jadah tempe di Jogja) atau tetel. Selain itu ada iwel, salah satu jenis jajanan khas masyarakat Lombok. Biasanya jajanan pendamping yang akan kalian jumpai adalah Iwel,  merupakan kue berbahan baku dari ketan hitam yang disajikan pada saat digelar upacara tradisional. Rasa iwel adalah manis dan legit.

 

Bijimane, penasaran? Jangan sungkan untuk kontak kami kalau mau hunting bareng, ya!

 

1 thought on “Ini dia, 10 masakan dan jajanan khas Lombok yang wajib kalian coba!”

  1. Memiliki taman bunga adalah impian setiap pecinta alam dan keanggunan. Taman bunga adalah tempat di mana ke eksotikan alam berkumpul dalam harmoni yang mempesona. Dengan berbagai macam jenis bunga yang mekar dalam beragam warna dan aroma, taman bunga menjadi surga kecil yang mengundang mata dan hati untuk terpesona. Dalam taman bunga, kita dapat menyaksikan paduan sempurna antara warna-warni bunga, hijaunya daun, dan kesegaran alam yang membawa kedamaian dan kegembiraan. Taman bunga adalah tempat di mana kita bisa melepaskan diri dari hiruk-pikuk dunia dan membiarkan diri kita tenggelam dalam keindahan yang tak tergantikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *